021-3841474
[email protected]
BMKG-PMI
  • Tentang Kami
    • Profil
    • Sejarah
    • Rencana Strategis
    • Kemitraan
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
  • Unit Markas
    • Layanan Ambulance
    • Layanan Bencana/Konflik
    • Pemulihan Hubungan Keluarga (RFL)
    • Kebersihan Lingkungan
    • Dukungan Psikologi
    • Pertolongan Pertama
  • Informasi Publik
    • Pemberitaan
    • Laporan Keuangan
    • Laporan Semester
    • Bulan Dana
  • Relawan
    • Palang Merah Remaja
    • Tenaga Sukarela (TSR)
    • Korps Sukarela (KSR)
  • Agenda
  • Donasi
    • Donasi Khusus
    • Donasi Umum
    • Kebencanaan

Berita Berikan Rasa Aman, PMI Kota Jakarta Pusat Siagakan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans Siaga Lebaran 2024

09/04/2024
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Pusat kembali menyiapkan  posko siaga  guna mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

“Posko mudik ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat arus mudik maupun arus balik,” kata Ketua Harian PMI Kota Jakarta Pusat Asep Juanda Sunarya di Jakarta, 10 April 2024.

Ka Asep, sapaan akrab Asep Juanda Sunarya, menjelaskan bahwa posko mudik juga dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang seperti mobil ambulans, perlengkapan medis hingga tenaga Kesehatan dan semua Petugas PMI yang bertugas harus Rapi, Ramah dan memakai atribut PMI selama menjalankan tugas.

Asep menuturkan posko ini tersebar di 3 lokasi padat pemudik  yaitu stasiun Gambir, Stasiun Tanah Abang , Stasiun Senen, dan Markas PMI Kota Jakarta Pusat untuk memastikan kesehatan mereka sebelum melakukan perjalanan jauh.
 
Adapun pelayanan pengecekan kesehatan ini meliputi pengecekan tensi darah, pemberian vitamin hingga memberikan edukasi terkait pelayanan PMI Kota Jakarta Pusat kepada masyarakat.
 
"Posko ini sudah tersedia H-3 sampai H+7 Lebaran untuk mengantisipasi," ujarnya.
 
Dia menambahkan ada beberapa keluhan atau penyakit yang sering dialami penumpang yakni kelelahan, diare, hingga hipertensi.
  
Untuk menangani keluhan penumpang, pihaknya mengedepankan melalui pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Jika ditemukan penanganan serius, maka nanti akan dirujuk ke rumah sakit.

Asep menyebutkan posko siaga lebaran juga disediakan tenaga kesehatan dan para pemudik dapat memanfaatkan pos tersebut untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

“Mudah-mudahan dengan layanan ini memberi rasa aman dan nyaman untuk masyarakat, khususnya yang melakukan perjalanan baik mudik dan berwisata selama libur lebaran,” katanya.

Staf Bidang Pelayanan Kesehatan PMI Kota Jakarta Pusat, Sahara menambahkan 
Kurang lebih 48 personel diturunkan di posko siaga lebaran 2024 di 3 Stasiun dan di Posko Markas PMI Kota Jakarta Pusat,” ujarnya.

Selain itu, Sahara menghimbau bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan PMI dapat menghubungi posko PMI.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan pertolongan pertama dan ambulans bisa langsung menghubungi ke Posko PMI Kota Jakarta Pusat nomor 0812 2626 7643 atau melalui nomor 021-3841474 yang siaga 24 jam,” tutupnya.
 
Bagikan
  • Jalan Pecenongan No.82, Jakarta Pusat, DKI Jakarta (10450)
  • 021-3841474
  • [email protected]

PMI Kabupaten/Kota

  • PMI DKI Jakarta
  • PMI Kota Jakarta Pusat
  • PMI Kota Jakarta Utara
  • PMI Kota Jakarta Barat
  • PMI Kota Jakarta Selatan
  • PMI Kota Jakarta Timur
  • PMI Kab. Kepulauan Seribu
Twitter
© Copyright PMI Kota Jakarta Pusat 2025.
PMI Provinsi DKI Jakarta